Kamis, 15 November 2018

PELUANG USAHA KELAPA GENJAH

" DUH BARU TANAM KELAPA GENJAH, SUDAH DIAJAK KONTRAK GULA MERAH ORGANIK  "


Oleh : Wayan Supadno/Pak Tani


Medsos memang luar biasa dampak imbas manfaatnya, saya sungguh apresiasi, bisa kita manfaatkan untuk kebaikan secara super kuadran, sekali share ke banyak group medsos langsung booming. Sekali lagi, medsos akan sangat produktif jika untuk hal positif.

Contoh sederhana saya pribadi, tak jarang saya dapat telpon maupun japri terkait postimgan artikel maupun video singkat saya yang bernuansa ajakan bertani inovatif sekaligus ekspansif, dengan harapan terlahir banyak anak muda gemar bertani memberdayakan lahan terlantar yang masih sangat luas di negeri kita ini.

Beberapa hari lalu saya dapat telpon dari perusahaan kecap dan eksportir gula merah organik, intinya mempertanyakan kebun kelapa genjah milik saya, dipikir luas amat dan sudah produktif, lalu mengajak kontrak agar dijadikan gula merah organik, berapapun luasnya, itu ujarnya. Segala legalitas hal sertifikat organik akan diurus total oleh perusahaan penampung gula merah organik tersebut .
Menarik sekali.

Saya langsung jadi ingat, teman saya yang jadi General Mnager / Pimpinan di Perusahaan ternama produsen kecap maupun makanan minuman  lainnya juga  berbahan baku kelapa, saya juga ingat Pak Lutfi Pimpinan PT Big Tree Farm eksportir gula merah organik hingga 7.500 ton/tahun.

Saya tiap kali investasi selalu menomor satupan hal kepastian pasar (marketable), selain kelayakannya (feasible), rendahnya resiko ancaman baik hama pemyakit maupun lainnya (low risk) dan tentu sekalipun belum tentu memakai dana bank tetap diusahakan digandrungi oleh bank sebagai kontrol kekayakan bisnisnya (bankable).

Padahal kebun kelapa genjah milik saya baru setahun, tampilannya memang nampak sudah besar karena perlakuan khusus pupuk organik hayati tapak timbun,  jarak tanam 7 x 7 metar atau 220 pohon/ha karena segitiga sama sisi, target tahun depan  produksi sadap nira (gula merah organik) perdana.
Semoga..

Besar harapan saya juga kelak  jadi sumber inspirasi masyarakat luas, agar lahan - lahan terlantar banyak bisa secepatnya diberdayakan secara inovatif, dampaknya  makin kompetitif . Ekonomi pedesaan makin nyata dimanis maju, mengikis jumlah kemiskinan dan kesenjangan sosial kita.


Gula merah bisa didapat 0.7 kg/pohon/hari, jika 220 pohon/ha, jika harga di PT Big Tree Farm sekitaran Rp 23.000/kg, lumayan jadi passive income jangka panjang puluhan tahun ke depan.
Andaikan hanya 70% saja kebenarannya dari estimasi di atas sudah cukup lumayan, masih beromset ratusan juta/ha/tahun,  bersyukur punya kebun kelapa genjah yang umur 22 bulan sudah siap sadap niranya.
Target maksimal 4 tahun total kembali modal (ROI).

Tak kalah menariknya, kebun kelapa genjah bisa tumpang sari dengan sereh wangi (minyak atsiri), nanas, rumput odot pakan sapi dan lainnya.


Prinsip saya, 1 langkah nyata jauh lebih berarti dari pada 1.000 langkah hanya berencana atau berwacana belaka


Bagi yang minat bibit kelapa Genjah Salak, Genjah Entok dan Genjah Maya.
Mohon hub Mbak Reni 085655656210 di Cibubur.
Mari menanam..
Semoga bermanfaat nyata...

Salan Inovasi dan Ekspansi 🇮🇩
WS/Pak Tani
WA 081586580630



Tidak ada komentar:

Posting Komentar